Tuesday, June 6, 2017

Mengenal Software Jaringan

Mengenal Software Jaringan- Pada pembahasana kali ini saya akan membahas materi tentang Software Jaringan, saya tidak akan membahas materi yang jauh akan tetapi kali ini saya hanya membahas pengenalan dasar saja apa itu Software Jaringan.





Mengenal Software Jaringan
Software Jaringan

Oke sebetulnya saya sedikit ragu saat membuat kategori mengenai software jaringan, karena ya memang tanggung .

Jaringan punya kategori sendiri, disisi lain jaringan juga terbagi 2 , yang satu ngikut ke hardware dan yang satu ke software.
Nah berhubung blog saya hanya menjelaskan tentang Softwate jadi saya hanya menjelaskan materi tentang Software Jaringan dan tidak membahas Hardware Jaringan.

Oke kembali kepembahasan awal, sudah saya katakan tadi bahwa Jaringan terbagi 2 yaitu Software Jaringan dan juga Hardware Jaringan.

Hardware jaringan meliputi komponen jaringan yang berbentuk (Perangkat keras) seperti Hub,Switch, Routerboard, Kabel Utp, dan lainnya.
Sedangkan Software jaringan yaitu komponen jaringan yang tidak dapat di sentuh (Perangkat lunak) contoh Software jaringan seperti OS spesialis jaringan (Contoh: Debian,Mikrotik Os) dan juga seperti aplikasi sepertu Cisco dan banyak lagi intinya yang memiliki keterkaitan dengan jaringan dan bisa menjadi penghubung dan menghubungkan satu perangkat ke perangkat lain sehingga dapat bertukar data dan berkomunikasi secara bersamaan.

Seperti yang saya sebutkan di atas bahwa contoh dari Software Jaringan ini sangat banyak macam dan jenisnya.
Ya pada dasarnya sama seperti aplikas biasa akan tetapi yang berhubungan dengan jaringan.
Contoh sederhana seperti Debian .
Kenapa saya katakan Debian memiliki unsur Jaringan, karena pada OS Debian kita bisa melakukan berbagi macam konfigurasi jaringan, seperti IP Address, NTP, dan lain nya.

Dari pembahasan saya diatas mungkin memiliki banyak kekurangan, bila ada yang belum faham dan dimengerti silahkan berkomentar.

Jangan lupa share dan ikuti blog ini.
Terima kasih...

Dilarang komentar SARA dan menyinggung perasaan orang lain.
Gunakan bahasa yang sopan!!!
Dilarang berkomentar dengan kata-kata kasar!
EmoticonEmoticon